PEKANBARU, LIMA PULUH - Kepemimpinan walikota dan wakil walikota, Firdaus dan Ayat Cahyadi, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berupaya mewujudkan kota metropolitan yang madani dengan memberdayakan masyarakat. Salah satunya melalui program Kampung Madani. 

Program ini difokuskan sebagai wadah komunikasi dan interaksi antara Pemko Pekanbaru dengan masyarakat. Melalui program ini, para pejabat berbaur dengan warga dalam berbagai kegiatan sosial. Warga pun dibebaskan menyampaikan aspirasinya. 

Hebatnya lagi, pustaka keliling juga dihadirkan di setiap lokasi kegiatan Kampung Madani. Ditambah lagi dengan berbagai perlombaan, seperti lomba masak dan lainnya dengan tujuan mempererat tali silaturahmi. 

"Warga bebas menanyakan berbagai hal serta menyampaikan aspirasi. Kami pun siap menjawab serta mencarikan solusinya," kata Walikota Firdaus dalam program Kampung Madani di Jalan Sumber Sari, Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh, baru-baru ini. 

Program ini mulai dilaksanakan di tahun 2015 dan mendapat sambutan positif masyarakat. Buktinya, setiap kegiatan jumlah warga yang terlibat terus bertambah banyak. Contohnya di Kecamatan Limapuluh yang dihadiri ribuan warga. 

"Melalui program Kampung Madani, kita kembali memasyarakatkan gotong royong serta mengajak warga gemar membaca buku. Terutama bagi anak-anak," kata Firdaus. 

Firdaus juga berterima kasih pada warga yang terus mendukung program Kampung Madani. "Kita harap dengan adanya intraksi warga dengan pemimpin daerah, upaya kita mewujudkan kota metropolitan yang madani lebih cepat berhasil," katanya. 

Kesempatan juga ini dimanfaatkan Suparman, Ketua RW setempat. Ia mendesak Walikota Firdaus tidak ragu membangun Kota Pekanbaru karena seluruh masyarakat mendukung program yang dicanangkan Pemko Pekanbaru. 

Salah satunya, pembebasan lahan untuk membangun jalan menuju pusat perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya yang sedang dibangun. "Pak Wali jangan ragu melanjutkan pembangunan jalan itu," kata Suparman bersemangat. 

Camat Limapuluh, Akmal Wadi berharap Kampung Madani bisa memperkokoh persatuan warga dalam mendukung terwujudkan kota metropolitan yang madani. "Salah satu ciri kota madani adalah masyarakatnya disiplin, ramah, toleran, dan bergotong royong," katanya.(pku03)

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.