PEKANBARU, SUKAJADI - Keberadaan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru memang menjadi hal yang baru dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pekanbaru. Sejalan dengan itu, OPD yang terbentuk pada awal tahun 2017 ini, diharapkan mampu menjadi penggerak visi dan misi kota Pekanbaru.

“Meski OPD baru, Kita siap untuk mewujudkan visi dan misi Kota Pekanbaru. Selain itu, OPD Balitbang ini sendiri juga dibentuk untuk membuat rekomendasi kebijakan yang berkualitas,” kata Sekretaris Balitbang Kota Pekanbaru Hendra.

Hendra menambahkan, keberadaan Balitbang bagi Pemerintah Kota Pekanbaru mempunyai peran yang sangat strategis. Diantaranya adalah sebagai input untuk proses penyusunan kebijakan strategis daerah kedepan.

Selain itu, pihaknya juga memberikan input dan penilaian terhadap hasil pelaksanaan program kepada pemerintah sebagai bahan evaluasi dan acuan untuk program yang direncanakan untuk kedepannya.

“Selain peran, kita juga punya tugas pokok dan fungsi Balitbang Kota Pekanbaru yakni menyusun dan melaksanakan kebijakan teknis, rencana dan program kelitbangan pemerintahan,” paparnya.

Balitbang Kota Pekanbaru sendiri juga menjalankan program tentang pengkajian kebijakan lingkup urusan pemerintahan serta melaksanaka fasilitasi dan melakukan inovasi daerah. Tidak sampai disitu saja, Balitbang Kota Pekanbau juga melakukan pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan kelitbangan, melakukan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kelitbangan di pemerintahan.

“Tugas kita di Litbang tidak hanya disitu saja, kita juga harus memastikan tersusunnya kebijakan dan atau regulasi berbasis hasil kelitbangan. Di Litbang sendiri, kita juga memberikan rekomendasi regulasi dan kebijakan kepada wali kota untuk program yang dirancang,” lanjut Hendra lagi.

Tidak hanya menjalakan rekomendasi kepada pemerintah, Litbang Kota Pekanbaru juga bertugas mengeluarkan rekomendasi untuk penerbitan izin penelitian bagi Warga Negara Indonesia (WNI) serta meminta laporan atas hasil penelitian yang dilaksanakan.

Tidak hanya untuk WNI saja, Balitbang Kota Pekanbaru juga mengeluarkan rekomendasi bagi warga negara asing untuk diterbitkan izin penelitian oleh instansi terkait, melakukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, mengevaluasi rencana kerja pembangunan daerah dan APBD.(Adv-Sekretariat/Diskominfo Kota Pekanbaru).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.