PEKANBARU, TENAYAN RAYA - Pada tanggal 23 Juni 2018, Kota Pekanbaru merayakan hari jadinya yang ke 234 tahun. Bertepatan dengan hari jadinya, wali kota Pekanbaru Dr Firdaus MT meresmikan gedung perkantoran Pemerintahan Kota (Pemko) Pekanbaru yang berada di Tenayan Raya, Selasa (26/6/2018).

Tidak hanya melakukan peresmian, Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus MT juga sempat menjadi inspektur upacara pada HUT Kota Pekanbaru ke-234 tersebut.

"Alhamdulillah begitu banyak lapisan masyarakat yang hadir dalam upacara kali ini. Upacara juga berjalan lancar, ini awal yang baik untuk kita kedepannya," ujar Firdaus.

Pada saat menjadi inspektur upacara, Firdaus mengatakan bahwa komplek Perkantoran Tenayan Raya ini merupakan kado dari jajaran Pemko Pekanbaru untuk melakukan pelayanan masyarakat.

"Nantinya pelayanan kepada masyarakat lebih efektif. Karena semua pusat perizinan akan berpusat di Mall Pelayanan Publik di Kantor Sudirman. InsyaAllah 2019 Komplek Perkantoran Tenayan Raya maupun Mall Pelayanan Publik akan beroperasi efektif," lanjut Firdaus.

Dia juga mengakui bahwa, untuk beroperasinya komplek perkantoran itu memang molor dari jadwal. Tapi hal itu hanya karena permasalahan tekhnis saja

"Tahun ini lima gedung lainnya akan dikerjakan karena sudah dianggarkan. Insya Allah 2019 akan efektif dioperasikan," lanjut Firdaus

Wali kota sendiri juga menekankan bahwa adanya fasilitas ‘combo’ dari kartu smartcard bukan hanya untuk kalangan ASN saja. Kartu itu juga menjadi role model nasional ini banyak memiliki manfaat, sehingga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Pekanbaru.

"Kartu ini selain untuk menjadi tabungan juga berfungsi sebagai uang elektrik dan banyak manfaat lainnya. Bukan untuk naik transmetro saja atau absensi ASN saja, ada juga untuk absensi peserta didik disekolah dan juga bisa bayar tol di Jakartha, jadi diharapkan masyarakat juga mengurusnya," papar Firdaus.

Dia juga memaparkan tentang program pemekaran kota dan tujuannya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan, Pemko Pekanbaru pada tahun 2015 lalu telah membangun komplek perkantoran wali kota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya.

Adapun pertimbangan pemerintah untum menjadikan Kecamatan Tenayan Raya sebagai pusat perkantoran, karena wilayah tersebut lebih strategis di banding dengan kecamatan lain di Pekanbaru. Maka dari itu, di tetapkanlah komplek perkantoran baru di bangun di kecamatan tersebut.

Ditambahkan Firdaus, diarahkannya komplek perkantoran pemerintah di Tenayan Raya, juga sudah di sesuaikan dengan Rencana Rata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru.

"Dari evaluasi kita dibandingkan dengan kecamatan rumbai, peluang yang strategis itu ya di tenayan," ucap Firdaus..

Dengan dialihkan perkantoran tersebut ke Tenayan Raya, arah pembangunan kota nantinya bisa nantinya berpusat di kecamatan itu. 

"Meskipun ada keluhan daerah Tenayan Raya yang relatif jauh, hal itu tidak akan jadi masalah bagi masyarakat yang akan berurusan ke kantor pemerintahan nantinya, karena bisa di tanggulangi dengan transportasi,” imbuhnya.

Firdaus kembali menambahkan, sepanjang jalan menuju komplek perkantoran akan tersedia transportasi. Dan tentunya akan memudahkan masyarakat menjangkau lokasi kantor walikota yg baru.

Kondisi yang sama menurutnya juga berlaku jika kantor pemerintahan berada di Kecamatan Rumbai atau Rumbai Pesisir.
Guna merealisasikan pembangunan komplek perkantoran pemerintah kota yang baru, dalam APBD 2013 di alokasikan dana ganti rugi lahan sebesar 50 miliar untuk lahan seluas 150 hektar.


BPN sendiri juga telah melakukan peninjauan ke lokasi untuk menerbitkan rekomendasi cocok atau tidaknya lahan bersangkutan dijadikan perkantoran.

Perkembangan komplek perkantoran di Tenayan Raya ini juga sudah hampir tuntas dan segera di tempati. Bahkan Ground breaking atau pemancangan bangunannya saat ini secara simbolis sudah diresmikan oleh Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus MT.

Wali kota melanjutkan, pembangunan harus juga beriringan dan sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa ini, yakni membangun jiwa dan membangun badannya.

Di akhir acaranya, wali kota Pekanbaru juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana hari jadi Kota Pekanbaru. Tidak hanya itu, dia juga berterima kasih karena berkesempatan menjadi pemimpin upacara hari jadi Kota Pekanbaru dan bertepatan hari pertamanya dia kembali beraktifitas.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru yang telah menghadiri dan meramaikan upacara hari jadi kota pekanbaru," tutupnya. (kom/adv06)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.